Cara tepat meningkatkan pengunjung dan subscriber youtube

Menjadi seorang youtuber pemula dengan latar belakang orang biasa yang bukan siapa-siapa itu memang sungguh berat. Terlebih jika anda tidak memiliki tampang yang tampan, minim skill atau tidak terlalu memiliki pergaulan yang luas, terlebih di sosial media. Belum lagi tidak adanya modal untuk membeli segala peralatan penunjang seperti kamera, sound system dan komputer yang mumpuni untuk pengeditan video.

Apakah hanya karena hal-hal yang telah disebutkan diatas menyurutkan mental anda untuk terus menjadi seorang youtuber? Jangan berkecil hati dan patah semangat, terlebih jika tidak mendapatkan dukungan dan dianggap sebelah mata oleh orang-orang disekitar anda. Banyak para youtuber terkenal dahulunya memulai dari bawah, dengan segala keterbatasan yang ada.

ilustrasi contempo-idn.com


Seperti Arif Muhammad sang pembuat konten Mak Beti misalnya, dahulunya bekerja menjadi tenaga kerja Indonesia di luar negeri. Pada awalnya hanya menggunakan peralatan seadanya, seperti smartphone yang dia punya. Namun, yang membuatnya menjadi terkenal adalah konten itu sendiri. Yang dapat menghibur banyak orang dan memberikan sesuatu yang bermanfaat bagi para pengunjungnya.

Lalu bagaimana langkah yang tepat untuk bisa menjadi seorang youtuber yang dapat menghasilkan uang melalui monetisasi iklan? Berikut beberapa tips yang dapat anda terapkan dichannel youtube anda, tentunya dibutuhkan kesabaran dan kerja keras.


Tentukan target penonton (Niche)
Sebelum membuat konten tentukan terlebih dahulu target penonton anda, apakah anak-anak, remaja atau dewasa. Bisa juga untuk semua usia yang tentunya tidak melanggar kebijakan yang telah ditentukan oleh youtube. Dengan demikian anda dapat membuat sebuah video yang sesuai dengan harapan pemirsa. Niche sebuah channel dapat juga berupa sesuatu yang sedang viral dimana setiap orang selalu ingin untuk mencari informasi tentang hal tersebut.


Kualitas konten
Para pengunjung channel anda tentu menginginkan sesuatu yang lebih dari video yang disajikan. Kualitas yang dimaksud tidak hanya dari teknis pengeditan video dan suara, namun lebih kepada konten yang bermutu. Tidak hanya menghibur namun memberikan manfaat lebih bagi para pengunjung channel anda. Konten yang mampu memberikan kepuasaan terhadap keingin tahuan mereka dan memberikan kesan tersendiri diingatan.

Kualitas konten juga dapat anda manfaatkan untuk bersaing dengan youtuber lain dengan niche yang sama. Namun anda mampu mengemasnya dalam bentuk yang berbeda, sehingga membangkitkan rasa penasaran para pengunjung.


Promosikan konten 
Jika kualitas sebuah konten sudah dapat anda kuasai, tidak serta merta dapat viral begitu saja. Anda masih harus berusaha untuk mempromosikannya keberbagai media seperti, sosial media misalnya. Cobalah bermula pada grup whatsapp teman-teman semasa sekolah atau lainnya. Kemudian cobalah untuk mempromosikannya di facebook, twitter dan instagram. Cari komunitas yang memiliki minat sesuai dengan konten yang anda buat. Tentunya anda melakukannya secara perlahan, sebab jika anda melakukannya secara terus-menerus dapat menyebabkan teman sosial media anda merasa terganggu.


Buat judul dan thumbnail yang menarik
Judul dan thumbnail adalah ujung tombak dari sebuah konten, dimana yang pertama sekali dilihat oleh pengunjung. Dengan judul yang menarik tentunya akan menarik perhatian pengunjung, terlebih didukung oleh gambar thumbnail. Selagi tidak misleading (menyesatkan) tentunya semua itu masih sah-sah saja. Kecuali jika anda memberikan judul dan thumbnail yang tidak ada relevannya sama sekali dengan konten anda, itu baru penyesatan namanya.


Komentar dichannel youtuber lainnya
Cobalah untuk menjelajah pencarian youtube dan temukan para content creator dengan niche yang sama. Lanjutkan dengan berkomentar divideo mereka, dan mintalah untuk berkunjung dichannel anda dan memintanya untuk mensupport. Dari sini biasanya akan muncul para penggemar-penggemar baru dan mulai untuk mensubscribe channel anda. Dan cobalah untuk mensubscribe channel orang tersebut, sebab youtube akan merekomendasikan video anda kepada orang-orang yang disekitarnya.


Tulis artikel untuk video
Menulis artikel yang relevan untuk sebuah video biasanya dilakukan oleh seorang blogger yang beralih menjadi seorang youtuber. Namun ada pula yang hanya ingin memperkuat artikelnya dengan memberikan contoh sebuah video pada blognya. Cara ini sangat efektif untuk menemukan video anda dalam mesin pencarian google. Hal ini membuat video anda secara tidak langsung telah mendapatkan backlink secara natural.

loading...

Related Posts

0 comments:

Post a Comment

loading...