Cara Memancing Ikan Sepat Siam

Memancing ikan sepat siam bagi sebagian besar orang tergolong sulit, dikarenakan sifatnya yang terlalu sensitif terhadap gerakan dan suara. Belum lagi ikan tersebut cenderung sulit memakan umpan jika tidak mengetahui cara memancingnya.

Ikan sepat siam dikenal dalam bahasa latin dengan nama Trichopodus pectoralis, dimana masih tergolong kedalam jenis ikan air tawar yang hidup diperairan tenang seperti rawa-rawa. Ikan ini juga masih tergolong kedalam suku ikan gurami, dilihat dari corak sisik di tubuhnya. Hal ini yang membuat ikan tersebut didalam bahasa Inggris dikenal dengan nama Siamese Gourami atau Snake-skin Gouramy.

Memancing ikan sepat siam - contempo-idn.com

Ikan air tawar yang satu ini juga memiliki kerabat yang biasa disebut dengan ikan sepat minyak atau ikan sepat mata merah. Ikan jenis ini berukuran lebih kecil dan tidak bisa sebesar ikan sepat siam. Meski demikian, mereka memiliki kesamaan yaitu hidup berkelompok dalam jumlah yang cukup banyak. Sementara makanan alami ikan sepat siam berupa tumbuhan air seperti kangkung serta lumut. Beberapa diantaranya ada yang memakan larva dan telur serangga.

Lalu bagaimana caranya agar ikan sepat siam bisa kita dapatkan dengan cara memancing? Ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yang pertama piranti memancing, yang kedua umpan dan yang ketiga musim serta cuaca. 


Piranti Memancing
Untuk memancing ikan sepat siam dibutuhkan joran yang memiliki ujung yang kecil dan lentur namun memiliki kekuatan. Anda dapat membeli joran tersebut di toko pancing dengan beragam merk dan harga yang tentunya memiliki kualitas yang berbeda. Ini akan anda rasakan ketika membeli sebuah joran dengan panjang yang sama, namun memiliki berat yang berbeda.

Selain joran, mata kail juga berpengaruh ketika anda memancing ikan sepat siam. Dikarenakan ukuran mulut dan cara ikan tersebut memangsa umpan sedikit berbeda dari ikan lainnya, sebaiknya memilih kail yang kecil. Untuk ikan berukuran 2 hingga 3 jari orang dewasa gunakan kail bernomor 0.3mm hingga 0.8mm. Untuk ikan berukuran 4 hingga 5 jari orang dewasa gunakan kail 0.8mm hingga 1mm.

Bagi pemancing ikan sepat siam profesional rata-rata mereka tidak mau menggunakan pelampung, sebab menurut mereka cukup lama untuk strike. Bagi anda pemula, dapat memanfaatkan cotton bud sebagai pelampung (untuk lebih jelasnya silahkan kunjungi link ini https://youtu.be/Bsiht7-n3kg). Dan ingat untuk memancing ikan sepat siam anda tidak membutuhkan timah pemberat atau bandul.


Umpan Jitu
Pada dasarnya untuk memancing ikan adalah cacing, dan sudah dipakai ribuan tahun yang lalu oleh nenek moyang kita. Akan tetapi untuk memancing ikan sepat siam, tidak sembarang cacing dapat digunakan. Berdasarkan pengalaman, beberapa cacing yang berukuran kecil merupakan favorit ikan sepat siam, seperti cacing yang berada pada sampah daun pisang, manggar sawit (bonggol sawit tempat munculnya buah yang dibuang), dan parit yang lembab.

Selain cacing dapat juga menggunakan daging ayam, pada bagian dada atau menggunakan lemak daging. Dengan cara dipotong tipis kurang lebih seukuran mulut ikan sepat siam. Ikan sepat siam menggemari umpan ini karena minyak yang dihasilkan dari daging tersebut.

Tumbuhan air dapat juga digunakan sebagai umpan untuk memancing ikan sepat siam, seperti mata lele dan kangkung. Untuk mata lele cari yang memiliki akar cukup panjang, sehingga tidak menyulitkan saat dikaitkan kemata kail. Cara membuatnya siram dengan menggunakan air panas, lalu diremas-remas dengan tangan dan dicampur garam/essense. Jika ingin menggunakan kangkung sebagai umpan, tumis hingga warnanya berubah (layu) dengan minyak sayur dan tambahkan air secukupnya agar tidak kering.

Kroto atau telur/larva semut bisa juga dimanfaatkan sebagai umpan untuk memancing ikan sepat siam. Menurut pengalaman, kroto semut kerangga dan semut jintet (semut yang memiliki sarang disemak belukar yang terbuat dari tanah) sangat disukai ikan sepat siam. Caranya siram dengan menggunakan air hangat kuku (jangan air panas) baru kemudian dipakai sebagai umpan.


Musim dan Cuaca
Musim terbaik untuk memancing ikan sepat siam adalah diawal dan penghujung musim hujan. Dimana air cenderung lebih jernih dan volume air stabil sehingga membuat kawanan ikan sepat siam tetap berada pada satu tempat.

Dan cuaca yang terbaik untuk memancing ikan sepat siam adalah cerah berawan atau matahari tidak terlalu terik. Jika matahari terlalu terik ikan sepat siam sangat sensitif terhadap bayangan dari joran yang membuatnya sulit untuk memakan umpan.


Cara memancing ikan sepat siam,
  1. Cari spot yang ditumbuhi tumbuhan air seperti eceng gondok misalnya. Jika tumbuhan tersebut terlalu rapat, anda dapat membuat lubang dengan cara mengangkat tumbuhan eceng gondok dengan menggunakan kayu.
  2. Siapkan kerupuk atau pelet serta minyak jelantah (minyak sayur bekas penggorengan). Letakkan kerupuk atau taburkan pelet dan minyak pada lubang atau titik yang kita inginkan untuk memancing.
  3. Tunggu beberapa menit sampai ikan sepatnya muncul kepermukaan dengan mulut keatas.
  4. Perhatikan sifat ikan sepat siamnya, jika takut muncul kepermukaan setting pelampung sedalam satu hingga dua jengkal. Namun jika ikan sepat tersebut tidak takut muncul kepermukaan, setting pelampung sedalam satu jari telunjuk atau dua buku jari telunjuk. (Oleh sebab itu dikalangan para pemancing sepat siam biasa dikenal dengan umpan apung dan umpan tenggelam).
  5. Jika pelampung yang anda gunakan benar, sedikit saja tenggelam segera angkat dan selamat menikmati sensasi tarikannya.

Untuk melihat bagaimana keseruan memancing ikan sepat siam anda dapat melihat video dibawah ini.


loading...

Related Posts

0 comments:

Post a Comment

loading...