6 Cara pintar bangkit dari keterpurukan

Tidak selamanya perjalanan hidup ini mudah dan tanpa hambatan. Berbagai masalah akan selalu ada didalam pencapaian cita-cita dan harapan. Mulai dari masalah percintaan, pekerjaan, pertemanan, lingkungan dan bahkan dari keluarga kita sendiri. Disinilah kedewasaan didalam berpikir akan terlihat ketika mengambil sebuah keputusan dan menentukan sikap.

Adakalanya suatu permasalahan yang timbul membuat seseorang merasa hancur dan terpuruk. Bisa saja masalah tersebut seperti rangkaian rantai yang saling terhubung dan datang secara bersamaan. Misalkan saja seseorang yang mendapatkan masalah rumah tangga yang berujung kepada perceraian. Atau bisa saja ketika anda harus kehilangan rumah dan harta, bahkan pekerjaan dan juga jabatan. Dimana lingkungan akan memandang sebelah mata, termasuk ditempat bekerja, terlebih lagi bagi wanita.

ilustrasi contempo-idn.com

Ketika anda meratapi dan terus dihantui penyesalan serta rasa bersalah yang berlebihan, depresi akan datang bagai bongkahan batu besar yang siap menambah penderitaan. Semakin anda terhanyut oleh keadaan maka semakin dalam keterpurukan itu dirasakan. Oleh karena itu lakukan langkah tepat seperti berikut ini,


Rubah cara berpikir
Jika selama ini yang ada didalam kepala anda hanya tentang hal-hal negatif dari masa lalu yang menyebabkan keterpurukan ini segera buang jauh-jauh. Kendalikan perasaan sedih dan emosi, sikap labil tidak akan pernah membawa anda keluar dari masalah ini. Ambil hikmah serta pelajaran dari semua yang telah terjadi. Berpikir baik bahwa ada sesuatu hal yang tidak dapat dilihat atau belum terlihat dimasa depan.

Terimalah kenyataan bahwa segala sesuatu yang ada didepan anda saat ini sebuah rasa pahit yang harus dirubah menjadi kebahagiaan. Ikhlas menerima terhadap semua yang telah terjadi, jangan sesali dan menyalahkan keadaan. Terus melangkah maju dengan sejuta rencana dan harapan, bahwa suatu saat semua ini akan berakhir bahagia.


Kenali diri 
Setiap manusia tentu sangat mengenali dirinya sendiri, namun sering kali membohongi dan tidak mau mengakui bahwa sebenarnya rapuh. Dimana sesungguhnya membutuhkan bantuan orang lain untuk mengatasi semua kesulitannya. Ini adalah naluri alam manusia sebagai makhluk sosial, jangan malu dan ragu untuk meminta bantuan teman, sahabat atau keluarga.

Ukur kemampuan diri, mulai dari cara berpikir, mengatasi masalah serta materi yang mungkin saat ini menjadi masalah utama keterpurukan anda. Kemampuan apa yang dimiliki untuk membangun kembali semua yang telah hancur. Serta langkah-langkah tepat sesuai dengan kemampuan untuk meniti kembali harapan yang baru.


Gali potensi
Coba lihat pada diri sendiri, tentang bakat serta minat yang diinginkan. Sehingga dapat menentukan arah dan tujuan dimasa depan. Sebagai modal dasar membangun kembali semua yang telah hancur. Pikirkan cara untuk mewujudkannya dan mulai lah sesegera mungkin. Sebab, waktu akan terus terbuang sementara diri tetap dalam keterpurukan.

Kembangkan diri dengan mencoba sesuatu yang baru dan diminati. Mau untuk belajar guna menambah pengetahuan sebagai bekal mewujudkan semua yang dicita-citakan. Dengan demikian anda dapat melihat peluang-peluang harapan untuk menuju kesuksesan.
 

Tanamkan sikap optimisme 
Semua teori tentang motifasi itu terasa mudah untuk didengarkan, namun ketika mencoba, terasa sekali hambatan didepan mata tidak semudah yang dikatakan. Belum lagi sikap cibiran dari teman atau orang di sekitar kita. Bahkan sikap meremehkan terhadap ucapan yang kita utarakan sering kali terjadi. Sungguh terasa penuh sesak dada ini jika berhadapan dengan orang-orang tersebut.

Kuatkan mental dan teguhkan sikap, tanamkan keyakinan bahwa masa depan diri anda ada pada tangan anda. Bukan pada mereka yang hanya bisa berbicara kosong dan penuh teori. Teruslah semangat berjuang untuk masa depan dan yakin lah bahwa semua akan baik-baik saja. Buktikan kepada mereka, bahwa semua yang dikatakan tidak benar dan anda mampu melakukannya.


Kerja keras dan berdoa
Semua kesuksesan itu butuh kerja keras, butuh perjuangan, bahkan tidak jarang yang menggunakan semua kemampuannya untuk berpikir serta tenaga demi terwujudnya semua impian. Siang malam pagi dan petang, hujan panas serta lelahnya badan dilalui demi menuju perubahan. Demi keyakinan bahwa tidak selamanya keterpurukan ini dialami.

Ketika kerja keras telah mencapai puncak usaha, berdoa lah dan terus berdoa. Karena sejatinya semua usaha itu tidak akan ada artinya tanpa ridho dari Sang Maha Segalanya. Memohon lah sebagai hamba yang lemah, menghadap lah sebagai insan yang penuh dosa, mohon ampun serta meminta agar dapat keluar dari cobaan yang ada.


Sabar dan pantang menyerah
Semua yang telah disebutkan diatas tidak akan pernah bisa dilakukan tanpa adanya sifat sabar. Untuk bangkit tidak secepat yang dibayangkan. Semua butuh waktu dan proses, bahkan bisa saja kegagalan-kegagalan yang ditemui. Apakah anda akan menyerah begitu saja dan berhenti sampai disini?

Hendaknya tanamkan sikap pantang menyerah didalam diri. Jika jalan yang saat ini anda lalui menemui kegagalan, terus lah berusaha dengan cara yang berbeda. Atau temukan jalan lain untuk mencapai semua yang anda impikan. Jangan mudah patah arang, terlebih terhadap suara-suara sumbang dari orang-orang yang tidak pernah sedikit pun membantu kesulitan anda. Pahami kembali serta pelajari sebagai bekal menuju kesuksesan anda.


loading...

Related Posts

0 comments:

Post a Comment

loading...