Langkah tepat untuk menjadi seorang Youtuber

Beberapa langkah yang tepat wajib diketahui bagi seorang youtuber pemula. Tidak jarang yang berhenti ditengah jalan karena merasa apa yang sudah diperjuangkannya sia-sia. Seperti tidak begitu banyak pengunjung yang menyukai kontennya misalnya. Atau beratnya langkah untuk memenuhi persyaratan monetisasi Adsense yang dirasa semakin sulit.

Langkah yang tepat adalah;
  1. Channel menarik
  2. Konten Bermanfaat
  3. Minat Pengunjung
  4. Konsisten
  5. Konten Original
  6. Pencapaian bukan pengakuan

Channel yang menarik
Sebuah channel youtube hendaknya diberikan nama yang unik dan mudah diingat oleh pengunjung. Ada beberapa para youtuber pemula menggunakan nama channel yang terlalu panjang dan tidak begitu menarik.

Selain nama dari sebuah channel, video yang disajikan pun harus dapat menarik perhatian para pengunjung. Banyak para pembuat konten video youtube asal-asalan didalam menyajikan kontennya. Bahkan didalam satu channel terdapat berbagai video gado-gado yang membuat pengunjung bingung, channel apa yang sebenarnya mereka lihat.


Berikan keterangan pada about description yang terdapat pada channel youtube anda, tentang topik yang selalu akan anda sajikan ke pengunjung. Hal ini dapat membuat youtube membantu anda didalam menemukan pemirsa yang relevan terhadap channel tersebut.


Konten yang bermanfaat
Untuk menjadi seorang youtuber, anda harus paham bahwa konten adalah sesuatu yang anda jual untuk mendapatkan pengunjung sebanyak-banyaknya. Konten menjadi hal yang sangat berharga bagi kelangsungan channel tersebut.

Sajikan video yang memiliki manfaat, seperti sebagai sumber informasi dan berita, hiburan, atau pendidikan serta pengalaman menyenangkan lainnya ketika berada dichannel anda. Jangan pernah bermimpi anda akan mendapatkan sesuatu yang lebih, jika anda sendiri tidak mau bekerja keras untuk menyajikan sesuatu yang bermanfaat.


Minat para pengunjung 
Tentunya anda harus dapat memahami minat para pengunjung agar setiap konten yang disajikan menjadi tepat sasaran. Misalkan saat ini banyak orang yang sedang hangat membicarakan tentang hasil pemilihan calon Presiden. Buat konten tentang hal-hal bermanfaat (positif) dari hasil pemilihan tersebut. Seperti hasil penghitungan suara, koalisi dari berbagai partai atau informasi update lainnya.

Bisa juga jika anda memiliki hobi memancing, pahami momen seperti apa yang pengunjung sukai. Ketika anda mendapatkan ikan yang besar, memancing beberapa ikan yang bergengsi, atau lokasi memancing yang sangat ingin orang ketahui (seperti dilaut misalnya).


Konsisten upload video
Tentunya menjadi seorang youtuber sudah menjadi kewajiban untuk selalu upload video. Ini bisa anda lakukan didalam beberapa kali dalam seminggu atau satu kali. Lihat perkembangan setiap video yang anda upload, pelajari apa saja yang perlu ditambahkan.

Dengan selalu konsisten, tentunya youtube akan merekomendasikannya kepada para pemirsa. Baik melalui tampilan beranda atau melalui tampilan menonton. Selain itu tentunya para subscriber channel anda akan selalu setia menunggu video-video terbaru yang disajikan.


Konten Original
Kebanyakan youtuber pemula hanya berfokus kepada subscriber dan pengunjung. Namun enggan untuk berpikir kreatif dan bekerja keras agar tercipta konten yang menarik dan bermanfaat. Mereka reupload video milik orang lain atau sedikit melakukan editing yang pada akhirnya tidak menarik minat pengunjung.

Keuntungan memiliki konten yang original tentunya dapat dengan mudah melakukan monetisasi iklan. Yang nantinya dapat menghasilkan uang dari penayangan video yang disajikan. Dengan demikian, pengunjung youtube dapat menilai channel anda adalah terbaik.


Pencapaian atau pengakuan
Youtuber pemula yang masih remaja biasanya selalu ingin instan didalam mendapatkan pengunjung atau memenuhi persyaratan monetisasi iklan. Mulai melakukannya dengan cara mengunjungi situs-situs pertukaran subscriber. Secara pengakuan bisa saja terlihat seperti channel tersebut besar, namun semua itu hanya semu atau sementara. Hal ini yang sering disebut dengan pengakuan, hanya ingin terlihat besar.

Jika kita amati dari socialblade, maka akan terlihat jelas sekali. Ketika mereka sedang melakukan pertukaran subscriber terlihat pengunjung channel tersebut banyak sekali (ratusan hingga ribuan). Namun, ketika mereka lupa untuk melakukan pertukaran tiba-tiba pengunjung organiknya tidak lebih dari sepuluh. Parahnya, youtube akan mendeteksi kecurangan tersebut dan menganggapnya tidak valid sehingga terbaca disocialblade menjadi minus dan merah (artinya berkurang).

Belum lagi, dampak dari penggunaan tersebut mengakibatkan youtube enggan untuk merekomendasikan video-video pada channel anda. Ini bisa terlihat dari youtube studio creator, penayangan dan viewer dari penayangan persentasenya tidak lebih dari 1%.

Mulai saat ini fokuslah kepada pencapaian, dengan cara menyajikan konten yang original dan bermanfaat tentunya akan menjadi besar dengan sendirinya. Hal yang tidak pernah anda tahu bahwa konten-konten yang tampil di youtube selalu di evaluasi, dan ada orang khusus yang bertugas mengawasi ini.

ilustrasi nyosz channel / contempo-idn.com


loading...

Related Posts

0 comments:

Post a Comment

loading...